Kamis, 02 Maret 2017

Pencegahan Kesetrum (1)

Pencegahan Kesetrum.

Kesetrum ?
Emang enak....

Kesetrum adalah suatu hal yang harus dihindari oleh orang-orang yang banyak beraktivitas di sektor kelistrikan.
Namun kesetrum adalah sebuah keniscayaan yang pasti pernah dialami, setidaknya sekali, bagi orang yang beraktivitas di sektor kelistrikan.

Kok bisa kesetrum, kan katanya harus dihindari ?
Nah, yang harus dihindari itu kesetrum yang berkadar berat, hingga berpotensi merenggut nyawa.
Untuk kesetrum yang berkadar ringan, walau tidak berpotensi merenggut nyawa, tetaplah sebisa mungkin untuk dihindari.

Nah, gimana sih caranya supaya tidak kesetrum ?
Berikut ini solusi untuk pencegahan kesetrum, antara lain :
  •  pasang alat anti kesetrum di rumah. Alat ini namanya ELCB / RCD. Dapat ditemui di beberapa toko listrik, namun memang tidak semua toko listrik menjual alat ini. Selain karena harganya cukup mahal, tidak semua toko listrik memahami fungsi dari ELCB ini. Bilamana ada yang kesetrum, alat ini akan langsung memutus arus. Kecepatan reaksi alat ini sangat cepat, lebih cepat daripada MCB yang ada di dekat meteran listrik PLN.
Ini gambar ELCB yang biasa digunakan di rumah tangga

Ini gambar ELCB yang biasa digunakan di Industri / Bangunan tinggi



  • jangan menukangi alat listrik / melakukan pekerjaan sebagai layaknya juru teknik listrik, bilamana itu bukan aktivitas keseharian anda ataupun tidak memiliki pengetahuan / ketrampilan di bidang listrik.
  • matikan arus PLN yang masuk ke dalam rumah, sebelum memperbaiki jaringan listrik di rumah tersebut, dengan cara menggeser posisi MCB utama ke posisi OFF / OPEN. Setelah itu, tetap ditest dengan testpen di sisi L (Line) dengan N (Neutral) pada colokan. Apakah masih menyala testpen tersebut. Bilamana masih nyala lampunya, segera ukur tegangan tersebut. Apabila tegangan cukup kecil, dibawah sekitar 50 VAC, bisa cukup di-ground kan sisi yang bertegangan tersebut. (dengan catatan bahwa sistem grounding di rumah tersebut kondisinya baik). Bila tegangan tersebut lebih dari 200 VAC, berarti rumah tersebut memiliki sumber listrik selain PLN. Sumber listrik tersebut, bisa dari Genset yang langsung aktif ketika diputus sambungan listrik dari PLN (Genset tersebut telah diperlengkapi dengan perangkat ATS= Auto Transfer Switch). Bilamana rumah tersebut telah memiliki ATS, non aktifkan ATS dan Genset tersebut.

Cukup sekian dulu tips-tips untuk pencegahan kesetrum. Akan disambung lagi di sesi selanjutnya.
             CV Karsa Energi Sejahtera
         KaESa Solutions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar