Kamis, 02 Maret 2017

Pencegahan Kesetrum (2)

Pencegahan Kesetrum (2)

Nah, sekarang kita akan lanjut mengenai cara pencegahan kesetrum.

Ingat kan point paling penting pada artikel "Pencegahan Kesetrum (1)"
Itu tuh, bagian yang menyatakan : " Jangan menukangi alat listirk jika bukan ahli nya"
Karena ahlinya saja masih bisa kesetrum, apalagi yang bukan. Lagi pula, beberapa alat listrik masih menyimpan arus meski hubungannya dengan jala-jala listrik (jaringan PLN) sudah dilepas. Komponen yang masih menyimpan arus listrik itu alaha seperti TV tabung, rangkaian ELCO pada pompa air dan motor listrik, Capacitor Bank, Genset dan lain sebagainya. Semakin besar ELCO (Electronic Capacitor) pada rangkaian tersebut, maka semakin besar arus listrik yang masih bisa tersimpan, dan bilamana kesetrum, maka arus listrik tersebut, bisa langsung dibuang. Nah bilamana muara pembuangan tersebut adalah tubuh kita, yah, kesetrum deh.



Beberapa tips pencegahan kesetrum lainnya dapat dilihat di bawah ini :
  • jangan ada komponen listrik yang akan dipergunakan di kamar mandi. Semua saklar, stop kontak, mesin cuci, dll, sebaiknya diletakkan di luar kamar mandi.
  • Jika terasa kesetrum pada saat anda akan menggunakan : mesin cuci, kulkas, dan lain sebagainya, segera hubungi teknisi yang mumpuni. Penyebabnya adalah perkabelan di dalam mesin yang sudah terkelupas isolasi ataupun terminal konektor kabelnya mengalami basah.
  • Jika menolong orang yang kesetrum, gunakan tongkat kayu kering / plastik. Dorong kabelnya, jauhkan kabel nya dari orang / korban kesetrum tersebut.. Jangan memukul tangannya. Bilamana ia sedang dalam posisi di tiang listrik, maka dorong tubuh korban tersebut dengan cepat (asumsi bahwa orang yang bekerja di tiang listirk tersebut telah menggunakan full body harness). Jangan menyentuh korban kesetrum tersebut secara langsung, karena anda bisa ikutan kesetrum.
  • Jika terpaksa memperbaiki instalasi listrik di ketinggian, pakailah tangga kayu kering ataupun kursi plastik. Jangan pakai tangga logam.
  • Jangan memperbaiki alat / instalasi listrik saat ada hujan petir.
  • Jangan pakain alat listrik / multimeter / testpen yang murahan. Belilah yang berstandar SNI
 Cukup sekian tips-tips untuk pencegahan kesetrum.

             CV Karsa Energi Sejahtera
         KaESa Solutions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar